GBPP Klas II

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP)
MATA PELAJARAN: BUDAYA ALAM MINANGKABAU

Kelas II (dua) Sekolah Lanjuatan Tingkat Pertama
 T u j u a n
1. Siswa mengenal, memahami dan menghayati nilai-nilai budaya Minangkabau melalui kegiatan observasi, membaca, mengamati dan diskusi serta menerapkan nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari.

KELARASAN MINANGKABAU
1.1 Kelarasan Bodi Caniago dan Koto Piliang
1.1.1 Kelarasan Bodi Caniago
o Memperkenalkan sistem pemerintahan atau kelarasan melalui kegiatan membaca, wawancara dan diskusi
- Kelarasan Bodi Caniago
- Sistem demokrasi Bodi Caniago
- Cara pengambilan keputusan dalam kelarasan Bodi Caniago
o Menyimpulkan pengetahuan tentang kelarasan Bodi Caniago
1.1.2 Kelarasan Koto Piliang
o Menyimpulkan sistem pemerintahan atau kelarasan melalui kegiatan membaca, wawancara dan dis¬kusi
- Kelarasan Koto Piliang
- Sistem demokrasi Koto Piliang
- Cara pengambilan keputusan dalam kelarasan Koto Piliang
o Menyimpulkan pengetahuan tentang kelarasan Koto Piliang
1.1.3 Sistem demokrasi yang khas berdasarkan kelarasan Bodi Caniago dan ke larasan Koto Piliang
o Mendiskusikan konsep demokrasi
- Kelarasan Bodi Caniago
- Kelarasan Koto Piliang
- Minangkabau berdasarkan kelarasan
o Menyimpulan hasil diskusi tentang demokrasi Minangkabau berdasarkan sistem kekeluargaan

D. T u j u a n
2. Siswa mengenal, memahami dan menghayati kelompok pemimpin dan kepemimpinan di Minangkabau me¬lalui kegiatan membaca, observasi, wawancara dan diskusi.

KEPEMIMPINAN DI MINANGKABAU
2.1 Sistem kepemimpinan dan unsur pimpinan yang khas di Minangkabau
2.1.1 Unsur pimpinan penghulu dan kekhasannya
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara dan diskusi
- Unsur pimpinan penghulu
- Sifat seorang penghulu
- Makna pakaian penghulu
o Menyimpulkan pengetahuan tentang penghulu dengan segala aspeknya
2.1.2 Cara-cara pengangkatan penghulu
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara dan diskusi
- Cara pengangkatan penghulu
- Persyaratan pengangkatan penghulu
o Menyimpulkan / melaporkan hasil diskusi tentang cara pengangkatan penghulu
2.1.3 Pentingnya fungsi dan kedudukan penghulu di Minangkabau
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara dan diskusi
- Kedudukan penghulu di Minangkabau
- Fungsi dan peranan penghulu di Minangkabau
- Macam -macam penghulu di Minangkabau
o Menyimpulkan/melaporkan hasil diskusi tentang fungsi peng hulu di Minangkabau
2.1.4 Unsur pimpinan alim ulama di Minangkabau
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara dan diskusi
- Fungsi alim ulama di Minangkabau
- Kedudukan alim ulama dalam masyarakat Minangkabau
o Menyimpulkan dan melaporkan hasil diskusi tentang fungsi dan ke dudukan alim ulama di Minang¬ka¬bau
2.1.5 Unsur pimpinan cadiak pandai di Minangkabau
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara dan diskusi
- Fungsi cadiak pandai di Minangkabau
- Kedudukan cadiak pandai di Minangkabau
o Menyimpulkan dan melaporkan hasil diskusi tentang cadiak pandai di Minangkabau

2.1.6 Kepemimpinan tungku tigo sajarangan
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara dan diskusi
- Gabungan unsur pimpinan dalam masyarakat Minangkabau
- Kepemimpinan tungku tigo sajarangan
o Menyimpulkan dan melaporkan hasil diskusi tentang kepemimpinan tungku tigo sajarangan

Kelas II (dua) Sekolah Lanjuatan Tingkat Pertama
24 Jam Pelajaran

T u j u a n
1. Siswa mengenal, memahami dan mengapresiasikan rumah gadang Minangkabau melalui kegiatan observasi, wawancara, membaca dan diskusi.

RUMAH GADANG MINANGKABAU
1.1 Rumah adat yang dikenal dengan rumah gadang
1.1.1 Arsitektur dan ukiran khas rumah gadang Minangkabau
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara, pengamatan dan diskusi
- Arsitektur rumah gadang Minangkabau
- Ukiran rumah gadang Minangkabau
o Menyimpulkan dan melaporkan hasil diskusi tentang arsitek tur dan ukiran rumah gadang Minang¬ka¬bau
1.1.2 Fungsi penting rumah gadang bagi masyarakat Minangkabau
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara, pengamatan dan diskusi tentang rumah gadang sebagai:
- Monumen di Minangkabau
- Lembaga di Minangkabau
o Menyimpulkan dan melaporkan hasil diskusi tentang fungsi rumah gadang bagi masyarakat Mi¬nangkabau
1.1.3 Bagian-bagian tertentu dari rumah gadang Minangkabau yang berciri khas
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara dan diskusi
- Ruang depan rumah gadang Minangkabau
- Ruang tengah rumah gadang Minangkabau
- Ruang dapur rumah gadang Minangkabau
o Menyimpulkan pengetahuan tentang bagian-bagian rumah gadang Minangkabau
1.1.4 Tata krama tertentu hidup di rumah gadang
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara, pengamatan dan diskusi
- Duduk di rumah gadang
- Berbicara di rumah gadang
- Berbuat dan bertindak di rumah gadang
o Menyimpulkan dan melaporkan hasil diskusi tentang tatakrama di rumah gadang Minangkabau
1.1.5 Cara-cara khas mendirikan rumah gadang Minangkabau
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara dan diskusi
- Cara mencari bahan bangunan rumah gadang Minangkabau
- Upacara mendirikan rumah gadang Minangkabau
o Menyimpulkan pengetahuan cara mendirikan rumah gadang Minangkabau
1.1.6 Rangkiang di samping rumah gadang Minangkabau
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara, pengamatan dan diskusi
- Guna rangkiang bagi masyarakat Minangkabau
- fungsi rangkiang bagi masyarakat Minangkabau
o Menyimpulkan pengetahuan tentang rangkiang di Minangkabau

T u j u a n
1. Siswa mengenal, memahami dan mengapresiasikan berbagai permainan anak nagari Minangkabau melalui kegiatan observasi, membaca, wawancara dan diskusi.

PERMAINAN ANAK NAGARI MINANGKABAU
1.1 Berbagai macam permainan anak nagari Minangkabau
1.1.1 Pencak silat sebagai permainan anak nagari di Minangkabau
o Memperkenalkan dan mengapresiasikan melalui kegiatan pengamatan, membaca dan diskusi
- Gerak dasar pencak silat tradisional
- Manfaat pencak silat tradisional
- Keindahan gerak dalam pencak silat
- Hakekat permainan pencak silat
o Menyimpulkan pengetahuan tentang pencak silat tradisional Minangkabau
1.1.2 Aneka tari-tarian rakyat sebagai permainan anak nagari
o Memperkenalkan dan mengapresiasikan melalui kegiatan pengamatan, membaca dan diskusi
- Gerak tari tradisional Minangkabau
- keindahan dan keaslian gerak tari tradisional Minangkabau
o Menyimpulkan pengetahuan tentang tari tradisional Minangkabau
1.1.3 Teater tradisional randai Minangkabau
o Memperkenalkan dan mengapresiasikan melalui kegiatan pengamatan, membaca dan diskusi
- Gerak tari dalam randai
- Alur cerita dalam randai
- Dialog -dialog dalam randai
- Dendang dan karawitan dalam randai
o Menyimpulkan pengetahuan tentang randai melalui kegiatan laporan tertulis
1.1.4 Seni gamat sebagai permainan anak nagari
o Memperkenalkan dan mengapresiasikan melalui kegiatan pengamatan, membaca dan diskusi
- Seni pertunjukan gamat
- Syair dalam gamat
- Alat musik gamat
o Mengungkapkan kembali pengetahuan tentang gamat dalam bentuk laporan
1.1.5 Seni tabut sebagai permainan anak nagari
o Memperkenalkan dan mengapresiasikan melalui kegiatan pengamatan, membaca dan diskusi
- Acara pertujukan tabut
- Instrumen (karawitan) yang digunakan untuk tabut
o Menyimpulkan pengetahuan tentang tabut
1.1.6 Bermacam -macam karawitan sebagai instrumen kesenian Minangkabau
o Memperkenalkan melalui kegiatan pengamatan, membaca dan diskusi
- Puput batang padi
- Saluang
- Rabab
- Bansi
- Talempong
- Gendang
- Dan karawitan lainnya
o Menyimpulkan pengetahuan tentang karawitan dalam bentuk laporan

0 komentar:

Poskan Komentar