GBPP KELAS III

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP)
MATA PELAJARAN: BUDAYA ALAM MINANGKABAU

Kelas III (tiga) Sekolah Lanjuatan Tingkat Pertama

T u j u a n
1. Siswa mengenal, memahami, menghayati adat, falsafah bahasa dan sastra Minangkabau melalui kegiatan pengamatan, membaca, wawancara dan diskusi serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

ADAT ALAM MINANGKABAU
1.1 Adat alam Minangkabau terdiri dari empat macam, yakni, adat nan sabana adat, adat nan diadatkan, adat nan taradat dan adat istiadat.
.1.1 Adat nan sabana adat
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara dan diskusi
- Sumber adat nan sabana adat
- Hakekat adat nan sabana adat
- Fungsi adat nan babuhua mati dalam kehidupan Minangkabau
o Menyimpulkan pengetahuan tentang adat sabana adat dalam bentuk laporan tertulis
1.1.2 Adat yang diadatkan
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara dan diskusi
- Adat Datuak Perpatiah Nan Sabatang
- Adat Datuak Katumanggungan
- Hubungan kedua adat
o Menyimpulkan pengetahuan tentang adat nan diadatkan melalui laporan tertulis
1.1.3 Adat nan teradat
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara dan diskusi
- Konsep adat nan teradat
- Adat turun mandi, sunat rasul
- Perkawinan di daerahnya
o Menyimpulkan pengetahuan tentang adat nan teradat yang ada di daerahnya dalam bentuk laporan
1.1.4 Adat istiadat
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara dan diskusi
- Adat istiadat yang ada daerahnya
- Perubahan adat istiadat dalam kurun waktu tertentu
o Menyimpulkan pengetahuan tentang adat istiadat dan perubahannya dalam bentuk laporan tertulis

T u j u a n
2. Siswa mengenal, memahami dan menghayati falsafah alam Minangkabau melalui kegiatan observasi, wa-wan¬cara, membaca dan diskusi serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

FALSAFAH ALAM MINANGKABAU
2.1 Falsafah alam yang menjadi pedoman kehidupan masyarakat Minangkabau
2.1.1 Makna yang luas terhadap alam sebagai dasar falsafah masyarakat Minangkabau
o Memperkenalkan melalui kegiatan, pengamatan, membaca dan diskusi
- Makna alam bagi orang Minangkabau
- Hubungan manusia dengan alam bagi orang Minangkabau
o Menyimpulkan pemahaman tentang makna alam sebagai dasar falsafah Minangkabau dalam bentuk laporan singkat
2.1.2 Alam Takambang Jadi Guru sebagai landasan dan pedoman hidup masyarakat Minangkabau
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara dan diskusi
- Makna alam takambang jadi guru
- Hakekat alam takambang jadi guru
- Penerapan alam takambang jadi guru dalam kehidupan sehari -hari
o Menyimpulkan dan menafsirkan arti falsafah alam takambang jadi guru dalam bentuk laporan tertu¬lis

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP)
MATA PELAJARAN: BUDAYA ALAM MINANGKABAU

T u j u a n
1. Siswa mengenal, memahami, menghayati dan mengapresiasikan bahasa dan sastra Minangkabau melalui ke¬giatan membaca, observasi, menampilkan dan diskusi.

BAHASA DAN SASTRA MINANGKABAU
1.1 Aneka ragam karya sastra Minangkabau dan berbagai cara mengungkapkannya
1.1.1 Bermacam-macam jenis karya sastra Minangkabau
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca, wawancara dan diskusi
- Puisi Minangkabau
- Prosa Minangkabau
o Menyimpulkan pemahaman tentang jenis-jenis karya sastra Minangkabau dalam bentuk laporan singkat
1.1.2 Nilai-nilai keindahan (estetika) karya sastra Minangkabau
o Memperkenalkan dan mengapresiasikan melalui kegiatan pengamatan, membaca dan diskusi
- Puisi
- Prosa
o Menyimpulkan pemahaman tentang keindahan alam dalam karya sastra dalam bentuk laporan
1.1.3 Nilai moral atau ajaran dalam karya sastra Minangkabau
o Mengungkapkan melalui kegiatan membaca dan analisis tentang nilai nilai moral dalam karya sas¬tra:
- Puisi
- Prosa
o Menyimpulkan nilai moral yang ditemukan dalam karya sastra Minangkabau dalam bentuk laporan tertulis
1.1.4 Ciri-ciri tersendiri karya sastra prosa
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca dan analisis ciri-ciri:
- Kebahasaan karya sastra prosa
- Isi karya sastra prosa
o Menyimpulkan ciri-ciri karya sastra prosa dalam bentuk laporan tertulis
1.1.5 Ciri-ciri tersendiri karya sastra puisi
o Memperkenalkan melalui kegiatan membaca dan analisis ciri-ciri:
- Kebahasaan karya sastra puisi
- Isi karya sastra puisi
o Menyimpulkan ciri-ciri karya sastra puisi dalam bentuk laporan tertulis
1.1.6 Tema dan permasalahan yang diungkapkan karya sastra prosa
o Memperkenalkan dan mengungkapkan melalui kegiatan membaca dan analisis
- Tema karya sastra prosa
o Menyimpulkan tema-tema yang diungkapkan karya sastra prosa dalam bentuklaporan tertulis

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP)
MATA PELAJARAN: BUDAYA ALAM MINANGKABAU

Kelas III (tiga) Sekolah Lanjuatan Tingkat Pertama

1. Siswa mengenal, memahami, menghayati dan mengapresiasikan bahasa dan sastra Minangkabau melalui ke¬gi¬atan membaca, observasi, menampilkan dan diskusi.

BAHASA DAN SASTRA MINANGKABAU
1.1 Sastra Minangkabau seperti tambo, kaba, pantun petatah-petitih, pidato a dat dan pasambahan
1.1.1 Nilai etika dan nilai historis dalam tambo Minangkabau
o Memperkenalkan dan mengapresiasikan melalui kegiatan membaca, analisis dan diskusi
- Nilai-nilai etika dalam tambo Minangkabau
- Nilai-nilai keindahan dalam tambo Minangkabau
- Nilai-nilai sejarah dalam tambo Minangkabau
o Menyimpulkan nilai-nilai yang terkandung dalam tambo Minangkabau dalam bentuk laporan tertu¬lis
1.1.2 Tema dan amanat kaba Minangkabau yang dapat dinikmati oleh masyarakat
o Memperkenalkan dan mengapresiasikan melalui kegiatan membaca, analisis dan diskusi
- Tema kaba Minangkabau
- Amanat kaba Minangkabau
o Mengungkapkan tema dan amanat kaba Minangkabau dalam bentuk laporan tertulis
1.1.3 Nilai keindahan ajaran dan pendidikan moral dalam pantun Minangkabau
o Memperkenalkan dan mengapresiasikan melalui kegiatan membaca, membawakan, analisis dan dis¬¬ku¬si
- Nilai-nilai pendidikan dalam pantun
- Nilai-nilai keindahan dalam bahasa pantun
- Nilai-nilai moral dalam pantun
o Mengungkapkan nilai-nilai yang terkandung pada pantun dalam bentuk laporan tertulis
1.1.4 Berbagai pesan dan ajaran yang terkandung dalam petatah dan petitih untuk masyarakat Minangkabau
o Memperkenalkan dan mengapresiasikan melalui kegiatan membaca, analisis dan diskusi
- Ajaran dan nasehat dalam petatah
- Ajaran dan nasehat dalam petitih
- Pesan yang ada dalam petatah dan petitih
o Menyimpulkan pesan yang ada dalam petatah dan petitih dalam bentuk laporan tertulis
1.1.5 Makna yang mendalam yang terkandung dalam pidato adat Minangkabau dan pasambahan Minangkabau
o Memperkenalkan dan mengapresiasikan melalui kegiatan membaca, ana lisis dan diskusi
- makna pasambahan
- makna pidato adat
o Menyimpulkan makna yang terkandung di dalam pasambahan dan pidato adat dalam bentuk lapor¬an tertulis

0 komentar:

Poskan Komentar