RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP III
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Budaya Alam Minangkabau (BAM )
Kelas / Semester : IX / I
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1 x Pertemuan)
A. Standar Kompetensi
Mengenal, memahami, dan menghayati adat, falsafah alam Minangkabau dan mampu menerapkan dalam kehidupan.
B. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan adat nan diadatkan Minangkabau.
C. Indikator
Kognitif :
1. Mendefinisikan konsep adat Nan di Adatkan di Minangkabau.
2. Menyebutkan ciri –ciri adat nan diadatkan oleh Dt. Parpatih Nan Sabatang dan Dt. Katumanggungan
3. Mengidentifikasi gabungan adat Dt. Parpatih Nan Sabatang dan Dt. KAtumangguangan
4. Menyebutkan kato adat yang mengatur segi kehidupan masyarakat Minangkabau.
Afektif :
a. Menggugah perilaku berkarakter, antara lain :
1) Taat peraturan
2) Menghargai orang lain
3) Peduli dan bertanggung jawab
4) Tekun dan cermat
b. Membuktikan keterampilan social, antara lain
1) Menyumbangkan ide dan pendapat
2) MEnanggapi pendapat orang lain
3) Bekerjasama
4) Berkomunikasi dengan baik
D. Tujuan Pembelajaran
Kognitif :
Setelah melakukan kegiatan ini siswa diharapkan dapat :
1. Mendefinisikan konsep adat Nan di Adatkan di Minangkabau.
2. Menyebutkan ciri –ciri adat nan diadatkan oleh Dt. Parpatih Nan Sabatang dan Dt. Katumanggungan
3. Mengidentifikasi gabungan adat Dt. Parpatih Nan Sabatang dan Dt. KAtumangguangan
4. Menyebutkan kato adat yang mengatur segi kehidupan masyarakat Minangkabau.
Afektif :
c. Menggugah perilaku berkarakter, antara lain :
5) Taat peraturan
6) Menghargai orang lain
7) Peduli dan bertanggung jawab
8) Tekun, jujur dan cermat
d. Membuktikan keterampilan social, antara lain
5) Menyumbangkan ide atau pendapat
6) Menanggapi pendapat orang lain
7) Bekerjasama
8) Berkomunikasi dengan baik
E. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Adat Nan diadatkan
2. Adat Dt. PArpatih Nan Sabatang
3. Adat Dt. Katumanggungan
4. Gabungan kedua adat
5. Kato adat yang mengatur kehidupan masyarakat Minangkabau.
F. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan kontekstual
2. Metoda :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Diskusi
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Memotivasi siswa
b. Mengadakan tanya jawab tentang yang ada disekitar siswa .
c. Mengaitkan pengetahuan yang telah dimiliki siswa dengan bahan atau kompetensi yang akan dicapai.
d. Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran.
2. Kegiatan Inti (55 Menit)
Eksplorasi :
a. Membagikan referansi tentang konsep dasar “Adat Nan Diadatkan” kepada tiap – tiap siswa meliputi : Pengertian adat nan diadatkan, adat Nan diAdatkan oleh Dt. Katumanggungan, Adat Dt. Partpatih Nan Sabatang, Gabungan Adat Dt. Parpatih Nan Sabatang dan Dt. Katumanggungan.
b. Memperlihatkan bagan alir mengenai tingkatan kepemimpinan dalam Adat Nan diAdatkan, kemudian siswa diminta untuk mengklarifikasikan bagan tersebut.
Elaborasi :
a. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil (masing – masing terdiri dari 3 – 4 orang).
b. Guru menjelaskan poko masalah yang akan didiskusikan, yakni : pengertian dari adat Nan diAdatkan, perbedaan adat Dt. Parpatih Nan Sabatang dan Dt. Katumanggungan, gabungan adat Dt. Parpatih Nan Sabatang dengan Dt. Katumanggungan.
c. Masing – masing kelompok mendiskusikan pokok permasalahan yang diberikan dan menyimpulkan hasil diskusinya. Guru memberikan bimbingan pada masing – masing kelompok, dalam rangka mngembangkan sifat toleransi dan kerjasama, perlu diatur agar semua anggota kelompok untuk ikut berpartisipasi dalam diskusi.
d. MAsing – masing kelompok secara bergiliran membacakan hasil diskusinya. Setiap anggota kelompok diminta untuk membacakannya secara bergiliran membacakan hasil diskusinya. Setiap anggota kelompok diminta untuk membacakannya secara bergiliran, agar sifat kerjasama dan kebiasaan berbicara dapat dikembangkan dan dilatihkan.
e. MEmberi kesempatan kepada anggota kelompok lain untuk bertanya, memberikan tanggapan, sebagai upaya menumbuhkan sifat berani mengemukakan pendapat.
Konfirmasi
a. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya pada guru tentang hasil diskusi kelas, dan menanyakan hal – hal yang belum jelas.
b. Guru memberikan umpan balik, pengarahan, penguatan terhadap hasil yang sudah diperolehnya, sehingga siswa mendapatkan pemahaman yang tepat tentang pengertian Adat Nan diAdatkan, adat pada Dt. Parpatih NanSabatang, Adat Dt. Katumanggungan, serta perbedaan Dt. Katumanggungan dan Dt. Parpatih Nan Sabatang.
c. Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan secara keseluruhan.
3. Kegiatan Penutup (15 Menit)
a. Siswa dan guru merangkum materi pembelajaran
b. Mengadakan penilaian
c. Memberikan tugas secara individual, yakni mencari kato adat masing – masing dari Dt. KAtumanggungan dan Dt. PArpatih Nan Sabatang.
H. Media dan Sumber Belajar
a. Buku tambo Minangkabau
b. Buku Budaya ALam minangkabau untuk kelas IX. Karangan Team MGMP BAM Dinas Kota Padang.
I. Penilaian
1. Penilaian dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung dan setelah melakukan kegiatan pembelajaran (post – test).
2. Penilaian dilakukan dengan menggunakan penilaian tertulis dalam bentuk uraian (essay), tentang pengertian Adat Nan diAdatkan, Adat Dt. Parpatih Nan Sabatang, Adat Dt. Katumanggungan, gabuangan adat Dt. Parpatih Nan Sabatang dan Dt. Katumanggungan.
Soal
Jawablah pertanyaan dibawah ini secara singkat dan Jelas.
1. Jelaskanlah apa yang dimaksud dengan Pengetian Adat Nan diAdatkan.
2. Sebutkan tingkat kepemimpinan pada adat Dt. Katumanggungan
3. Sebutkan kato pusakonyang mengatur bidang social kemasyarakata.
4. Sebutkan kato pusako yang mengatur masyarakat adalam bidang ekonomi
5. Tuliskanlah 4 ciri – ciri adat Dt. Parpatih Nan Sabatang
Kunci Jawaban
1. Adat Nan diAdatkan adalah aturan yang dirumuskan oleh Dt. PArpatih Nan Sabatang, Dt. KAtumanggungan sebagai aturan hidup masyarakat MK.
2. Kepemimpinan pada adat Dt. KAtumanggungan adalah :
Tertinggi Penghulu pucuk
Penghulu 4 suku
Penghulu Andiko
Mamak Tungganai
3. Kato pusako yang mengatur bidang social kemasyarakatan
Barek samo dipikua
Ringan samo dijinjiang
Ado samo dimakan
Indak samo dicari
Adat lai mambari
Adat indak basalang tenggang.
4. Kato pusako yang megatur masyarakt bidang ekonomi :
Kasawah babungo ampiang
Barimbo babungo kayu
Katambang babungo ameh
Batanam nan bapucuak
Mamaliharo nan banyao
5. Ciri – ciri adat Dt. Parpatih Nan Sabatang :
1. Sistem pemerintahannya demokrasi
2. Semboyannya mambasuik dari bumi
3. Cara pengambilan keputusan dengan musyawarah mufakat
4. Pemimpinnya duduak samo randah samo tinggi.
Pengamatan Perilaku Berkarakter
Petunjuk :
Berilah penilian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini :
D = memerlukan perbaikan | C = menunjukkan kemajuan | B = memuaskan | A = sangat baik |
Format Pengamatan Prilaku Berkarakter
No | Rincian Tugas Kinerja (RTK) | D = Memerlukan Perbaikan | C = Menunjukkan Kemajuan | B = Memuaskan | A = Sangat Baik |
1 | Mentaati peraturan | | | | |
2 | Menghargai orang lain | | | | |
3 | Peduli dan bertanggung jawab | | | | |
4 | Tekun, jujur, dan cermat | | | | |
Format Pengamatan Keterampilan Sosial
Petunjuk :
Berilah penilaian atas keterampilan sosial siswa menggunakan skala berikut ini :
D = memerlukan perbaikan | C = menunjukkan kemajuan | B = memuaskan | A = sangat baik |
Format Pengamatan Keterampilan Sosial
No | Rincian Tugas Kinerja (RTK) | D = Memerlukan Perbaikan | C = Menunjukkan Kemajuan | B = Memuaskan | A = Sangat Baik |
1 | Menyumbangkan ide tau pendapat | | | | |
2 | Menanggapi pendapat orang lain | | | | |
3 | Menjalin kerjasama | | | | |
4 | Berkomunikasi dengan baik | | | | |